4.22.2013

Pesan Tersembunyi Dibalik Iklan Rokok

Pesan Tersembunyi Dibalik Iklan Rokok
Pesan Tersembunyi Dibalik Iklan Rokok
Oke, jumpa lagi sobat Mainstream. Kali ini kita akan membahas tentang Pesan Tersembunyi Dibalik Iklan Rokok.

Pernah kah menyadari ketika anda menonton televisi sehari-hari maka anda akan dijejali berbagai jenis iklan? Ya, mungkin anda menyadari semua itu, termasuk iklan rokok yang tentunya hadir hampir disetiap jeda acara televisi yang sedang anda saksikan tersebut.

Tapi pernah kah anda menyadari bahwa iklan rokok di seluruh Indonesia tidak pernah menampilkan produknya tersebut? Misalkan, iklan sebuah merek mobil akan selalu menampilkan mobil jualannya tersebut. Tapi kenapa jika iklan rokok tidak pernah menampilkan produk/rokoknya tersebut?

Yah, itu lah yang menjadi tanda tanya besar dalam benak saya saat ini. Tapi, kenapa justru sebuah produk rokok bisa laku keras di pasaran sedangkan mereka tak pernah menampilkan barang dagangannya tersebut di dalam promosi mereka dalam bentuk iklan di televisi mau pun di website-website atau media lainnya?

Jawaban sebenarnya sangat lah simpel. Setiap iklan di hampir seluruh dunia ini pasti disertai dengan pesan tersembunyi. Oke, kita tak bahas yang lain-lain. Mari simak dulu video iklan rokok di bawah ini:


Apakah anda melihat sebatang rokok disana? Tentu saja tidak. Tapi apakah pesan tersembunyi di dalam iklan rokok tersebut? Itu lah yang akan kita bahas saat ini.

Pertama-tama, anda melihat seorang yang mungkin saja dia seorang petualang. Kedua, tentu anda melihat ikan olahan dong disana. Nah, yang ketiga anda juga tentu melihat beberapa orang yang sedang berkumpul disana.

Pertama, orang petualang tersebut sejatinya adalah pemilik rokok. Kedua, ikan di dalam iklan tersebut sejatinya adalah simbol dari rokok. Dan ketiga, orang sekumpulan orang lainnya tersebut adalah sekumpulan orang yang tidak punya rokok.

Masih belum paham maksudnya? Oke jadi begini. Lupakan cerita iklan di atas, kita ubah cerita iklan sesuai dengan maksud dari pesan tersembunyi dibalik iklan rokok tersebut.

Inti dari pesan tersembunyi dibalik cerita iklan rokok diatas adalah rokok tersebut akan nikmat dihisap jika sedang berkumpul dengan orang lain. Dalam kata lain adalah rokok tersebut nikmat untuk dibagi-bagi.

Kenapa dibagi-bagi? Coba lah iseng-iseng ke warung untuk membeli sebungkus rokok seperti iklan diatas. Buka bungkusnya, lalu perhatikan isinya. Satu bungkus rokok tersebut berisi 20 batang, sedikit lebih banyak ketimbang rokok lainnya. Selai itu, tingkat ketebalannya pun tergolong berbeda. Produk rokok diatas mempunyai ketebalan yang lebih tebal ketimbang produk lain.

Lebih tebal dan lebih banyak. Harganya? Soal harga rokok diatas tergolong standar dan masih setara dengan rokok lainnya. Jadi, jika menurut perhitungan ilmu ekonomi maka keuntungan produk rokok tersebut akan lebih tipis ketimbang produk lain.

Itu lah cara mengapa mereka menyelipkan pesan tersembunyi dibalik iklan rokok mereka tersebut agar para penikmatnya terprogram alias terhasut untuk saling berbagi rokok kepada teman-temannya.

Selain itu, pesan tersembunyi dibalik iklan rokok diatas adalah "kurang lengkap rasanya jika anda seorang petualang namun tidak merokok." Mungkin bisa juga bermaksud "kurang nikmat jika bersantai atau berkumpul di pinggir pantai tanpa rokok."

Sepertinya kurang masuk akal ya? Tapi begitu lah adanya. Contoh lainnya adalah mengapa SPG rokok harus cantik dan seksi? Selain menarik perhatian, SPG cantik dan seksi tersebut juga menyimpan pesan tersembunyi.

SPG Cantik dan seksi tersebut merupakan bagian dari iklan. Dan seperti yang kita sudah bahas diatas bahwa hampir semua iklan akan mengandung pesan tersembunyi.

Lalu apa pesan tersembunyi dibalik SPG cantik dan seksi tersebut? Tujuannya adalah untuk memprogram otak kita bahwa merokok akan dianggap keren dan disukai wanita yang cantik dan seksi. Untuk para perokok pasti pernah berfikiran tersebut. Mereka tentu berfikir jika merokok adalah suatu hal yang keren dan membanggakan, apalagi jika merokok di depan wanita.

Penjelasan diatas merupakan pengalaman saya pribadi karena saya adalah mantan perokok. Bukan hanya saya, hampir semua teman-teman perokok saya pun seperti itu. Tapi tahukah jika sesungguhnya hampir semua wanita itu sangat membenci asap rokok?

Kalau tidak sadar itu tandanya otak anda telah berhasil diprogram melalui pesan-pesan tersembunyi, terutama melalui SPG cantik dan seksi. Jika anda sadar namun masih menganggap merokok adalah hal yang keren..!! Tandanya otak anda hampir dikuasai oleh mereka melalui pesan-pesan tersembunyi tersebut.


Comments
0 Comments