4.28.2013

Bahaya Memasang Foto Di Facebook Dan Sosial Media Lainnya

Bahaya Memasang Foto Di Facebook
Assalamualaiykum Sobat Mainstream, Kali ini kita akan membahas tentang bahaya memasang foto di facebook dan sosial media lainnya seperti twitter dan lain-lain.

Apakah selama ini kalian pikir memansang foto di facebook dan sosial media itu tidak akan membahayakan diri sendiri? Ingat, semua hal yang kita lakukan itu bisa menimbulkan dua efek. Yang pertama efek baik, dan yang kedua adalah efek buruk.

Kita bahas yang pertama terlebih dahulu. Memasang foto wajah asli di facebook mungkin bisa memberi manfaat baik seperti akun kalian bisa dikenali oleh orang-orang yang sudah lama tidak berjumpa. Misalkan teman lama yang sudah tidak tahu keberadaannya. Dengan memasang foto asli di facebook, kemungkinan teman lama anda tersebut bisa menemukan anda di dunia maya dan bisa kembali menjalin silaturahmi setelah lama tak berjumpa.

Tak hanya itu saja, mungkin banyak lagi manfaat-manfaat baiknya yang mungkin saja sudah terjadi namun belum terasa. Lalu apa manfaat buruk atau bahaya memasang foto di facebook?

Pertama, ini khusus untuk para wanita. Jika kalian mengunggah foto dengan pose atau pakaian yang seksi, anda bisa dicap buruk oleh pengguna facebook atau sosial media lainnya. Mereka akan menganggap kalian bukan lah wanita baik-baik. Tak hanya itu, sudah banyak yang menjadi korban penculikan dan pemerkosaan akibat memasang foto seksi di facebook. Tentu kalian sudah sering mendengar berita tersebut di televisi.

Jualan HPYang kedua, memasang foto dengan wajah asli meski tanpa pose dan pakaian seksi berpotensi untuk disalah gunakan oleh orang lain. Mungkin kalian para pecandu facebook dan sosial media lainnya sering menemukan akun-akun yang digunakan untuk berjualan secara online seperti jualan handphone dan benda-benda lainnya. Berhati-hati lah jika ingin membeli benda dari orang-orang tersebut karena bisa saja itu adalah modus penipuan. Yang lebih parahnya lagi, jika pelaku penipuan tersebut menggunakan foto anda dalam melakukan aksinya, bukan kah nantinya bisa jadi anda yang akan dicari oleh pihak kepolisian?

Yang ketiga, anda bisa saja menjadi korban pelecehan seksual dunia maya. Yang dimaksud adalah seperti yang telah menimpa beberapa orang yang biasanya terjadi pada artis. Wajah mereka di edit dan digabungkan dengan foto wanita yang sedikit fulgar. Walau pun pose dan pakaian anda tidak fulgar, namun dengan bantuan Photoshop dan beberapa perangkat lain, semua bisa berubah.

Yang keempat. Jika anda mengunggah sebuah foto dengan memamerkan harta seperti handphone baru, uang, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Maka tingkatkan lah kewaspadaan dan bersiap-siap lah menanggung resikonya karena diluaran sana bisa saja ada penjahat yang sudah mengintai.

Mungkin masih banyak lagi bahaya memasang foto di facebook dan sosial media lainnya. Yang terpenting adalah tetap menjaga sikap baik di dunia maya dan di dunia maya. Serta minta perlindungan kepada Allah. Jika ada yang mau ditambahkan silahkan tambahkan melalui kolom komentar di bawah.


Comments
0 Comments